-->

Di Belajar IT Online

10 Software Terbaik untuk Recovery Data Harddisk

Cara Enable dan Disable Bitlocker di Windows 10 dan Windows 11

Cara mematikan bitlocker di windows 10 atau windows 11 bisa kamu lakukan agar jika kamu lupa kunci bitlocker data kamu masih bisa kamu amankan.

Cara Disable Bitlocker di Windows 10 dan 11

Microsoft Bitlocker sendiri merupakan fitur enkripsi penuh yang sudah di sertakan dalam versi bisnisnya microsoft windows selama 14 tahun terakhir.

Fitur ini membuat kamu merasa aman karena harddisk kamu akan terenkripsi sehingga jika laptop kamu hilang atau di curi, maka hanya orang yang memiliki akses saja yang bisa melihat isinya

Bitlocker sendiri merupakan salah satu fitur dari sistem operasi windows yang bahkan sudah ada semenjak windows 7.

Fitur ini terdapat ada windows dengan seri Ultimate, Enterprise, pro atau Windows Edukasi yang ada di windows vista, windows 7, windows 8, windows 8.1 dan windows 10.

Selain itu fitur ini juga terdapat pada windows server yang ada setelah windows server 2008 dan kamu sudah bisa menggunakan fitur bitlocker ini.

Baca Juga Windows 10 Selalu Minta Update? Begini Cara Mematikannya

Apakah aman mematikan bitlocker?

Jika kamu merupakan orang yang selalu menghawatirkan mengenai privasi dan juga keamanan, maka dengan menghapus enkripsi Bitlocker akan membuat data kamu yang ada di dalam drive dapat dengan mudah di akses.

Hal ini seperti jika kamu memasang dual boot di dalam satu laptop maka kamu dapat dengan mudah mengakses data kamu yang terdapat di drive lain.

Atau jika laptop kamu hilang di curi maka siapapun pemilik laptop tersebut akan dapat dengan mudah melihat isi data kamu.

Namun jika kamu merasa dengan menggunakan bitlocker data kamu merasa aman dari peretasan atau pencurian jarak jauh dengan cara mengakses data kamu dari internet.

Jawabannya adalah tidak karena saat kamu menggunakan komputer kamu data kamu sudah secara otomatis didekripsi.

Hal ini merupakan tugas dari antivirus, firewall dan diri anda sebagai pengguna laptop jadi secara tidak langsung Bitlocker hanya bekerja saat laptop booting pertama kali.

Cara Mematikan Bitlocker di windows 10 dan windows 11

Untuk mematikan Bitlocker di windows 10 atau windows 11, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah newbie berikan di bawah ini

Untuk langkah awal kamu bisa langsung saja klik start lalu ketikkan control panel dan pilih control panel

Cara Disable Bitlocker di Windows 10 dan 11

Saat control panel terbuka maka selanjutnya kamu bisa pilih "System and Secutiry"

Cara Disable Bitlocker di Windows 10 dan 11

Selanjutnya di "System and Security" kamu bisa pilih "Bitlocker Drive Encription"

Cara Disable Bitlocker di Windows 10 dan 11

Selanjutnya jika Bitlocker sudah aktif maka kamu bisa pilih "Turn Off Bitlocker" seperti pada gambar di bawah ini

Cara Disable Bitlocker di Windows 10 dan 11


Selanjutnya kamu bisa pilih " Turn Off Bitlocker"

Selanjutnya windows akan melakukan proses penonaktifkan bitlocker di semua drive yang tadinya kamu aktifkan bitlockernya.

Hal ini akan memakan waktur beberapa saat hingga prose akan selesai. Sambil menunggu kamu bisa melanjutkan pekerjaan kamu sehari-hari.

Salah satu kegunaan menonaktifkan fitur ini adalah jika user kamu hilang atau rusak maka kamu dapat dengan mudah mengakses data kamu dengan menggunakan user lain.

Banyak kasus data hilang juga karena kesalahan dalam mempergunakan fitur bitlocker shingga data tidak bisa di buka saat kita membutuhkan data tersebut.

Namun bagi pengguna pc yang ingin mengaktifkan bitlocker, maka kamu bisa juga ikuti cara di atas untuk mengaktifkan bitlocker di windows 10 dan windows 11 

Sekian dulu artikel newbie kali ini dengan judul Cara Disable Bitlocker di Windows 10 dan 11


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Enable dan Disable Bitlocker di Windows 10 dan Windows 11"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel