-->

10 Aplikasi Cara Cek Kesehatan SSD

Untuk para pengguna SSD, kamu wajib mengetahui aplikasi cek kesehatan SSD agar kamu tau kapan harus backup data dan mengganti SSD dengan yang baru.

10 Aplikasi Cara Cek Kesehatan SSD

Aplikasi cek Kesehatan SSD - SSD atau Solid State Drive adalah merupakan standar penyimpanan data yang saat ini banyak digunakan di komputer saat ini.

SSD menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat ketimbang kita menggunakan HDD biasa.

Namun mirip dengan hard disk yang masih menggunakan piringan, SSD juga bisa rusak jika kita pergunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Untuk cek kesehatan SSD, newbie biasa menggunakan aplikasi atau software pemeriksaan kesehatan SSD yang bisa menunjukkan kesehatan hard drive saat kita pergunakan.

Software yang akan kita pergunakan sudah menggunakan fitur S.M.A.R.T ( Seft-Monitoring, Analysis, and Reporting Technology) dari SSD yang kita pakai untuk menentukan kesehatan SSD.

Selain itu kamu juga bisa melihat atribut SMART pada sebagian besar software seperti raw read error rate, remaining life, ATA Error, dan bad sector.

Aplikasi ini bisa memantau suhi SSD saat kita gunakan selain itu juga bisa memantau kesehatan sistem SSD.

Jadi kamu bisa atur di aplikasi untuk mengatur alarm suhu untuk segera tahu tentang suhu SSD yang tinggi.

Benchmark adalah fitur yang lain yang di tawarkan beberapa software ini. Dengan menggunakan fitur benchmark, kamu bisa mengetahui baca dan tulis SSD

Kamu juga bisa mendapatkan fitur lainnya yang di tawarkan software ini seperti Error Scan, SSD Optimization, SSD Encryption dan lain sebagainya.

Untuk yang penasaran newbie akan memberikan kamu aplikasi cek kesehatan SSD/Hardisk gratis yang bisa digunakan di pc windows.

Aplikasi Cek kesehatan SSD


Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pengecekan SSD. Dan untuk lebih lengkapnya kamu bisa menyimaknya di bawah ini

CrytalDiskInfo

CrystalDiskInfo adalah salah satu software yang bisa kamu gunakan untuk mengecek kesehatan SSD/Hardisk gratis untuk windows 10.

10 Aplikasi Cara Cek Kesehatan SSD

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa memeriksa kesehatan SSD dan HDD dari berbagai produsen.

Setelah kamu menginstall aplikasi ini, aplikasi ini akan langsung memindai solid-state drive yang terpasang dan menunjukkan kesehatan haridisk kamu saat ini.

Aplikasi ini juga menunjukkan semua atribut SSD dan nilainya akan digunakan aplikasi ini untuk menentukan kesehatan SSD saat ini pada antar muka utamanya.

Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi untuk mengecek kesehatan SSD gratis yang bisa kamu gunakan di sistem operasi windows 10.


HDD Guardian

HDD guardian adalah software yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa kesehatan HDD dan SSD gratis untuk PC windows 10.

Aplikasi ini bisa membantu kita untuk menentukan kesehatan Drive SSD dan juga HDD kamu saat ini.

Untuk memeriksan kesehatan SSD kamu, Aplikasi ini akan memeriksa apakah nilai SMART di hardisk kamu melebihi ambang batas atau tidak.

Berdasarkan nilai-nilai SMART yang di tunjukkan ke pada kita, kita bisa melihat masa pakai SSD dan juga kendala yang akan kita hadapi.

Aplikasi ini juga akan menunjukkan semua bad sector dan kesalahan ATA yang ada di drive SSD atau HDD kita.

Kita bisa terbantu dengan mudah jika menggunakan aplikasi yang dapat memeriksa kesehatan SSD yang menunjukkan status kesehatan SSD saat ini dan sisa masa pakai SSD kita.


HD Tune

HD Tune adalah software yang bisa kita pakai untuk memeriksa kesehatan SSD gratis yang bisa kita pakai di windows 10.

Aplikasi ini juga bisa kita gunakan untuk memeriksa kesehatan drive hardisk versi lama.

Saat aplikasi HD Tune memeriksa SSD, aplikasi ini menawarkan kesehatan SSD dimana kita diperlihatkan semua atribut SSD dan nilainnya yang menentukan kesehatan SSD.

Selain itu, status kesehatan juga disediakan oleh aplikasi ini dengan tujuan untuk menunjukkan kesehatan SSD saat ini dalam keadaan baik, sedang, buruk.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk memeriksa kesehatan SSD dan mampu memerikssa semua jenis kesehatan SSD dan HDD.


HDD Health

HDD Health adalah software cek kesehatan SSD dan HDD Gratis yang bisa kamu gunakan di sistem operasi windows 10.

Aplikasi ini dapat bekerja dan mengecek semua jenis SSD yang ada di pasaran sehingga kamu gak perlu takut apakah SSD kamu terbaca atau tidak.

Selain menunjukkan kesehatan, SSD ini juga memberikan kamu informasi mengenai suhu SSD atau pun SSD saat ini.

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa kesehatan HDD dan SSD yang baik untuk kamu gunakan.


ADATA SSD ToolBox

ADATA ToolBox adalah aplikasi software yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa kesehatan SSD gratis di windows 10.

10 Aplikasi Cara Cek Kesehatan SSD

Namun aplikasi ini dirancang khusus untuk mengecek kesehatan SSD dengan merek Adata saja.

Aplikasi ini bisa menunjukkan suhu dan perkiraan sisa masa pakai SSD dengan merek ADATA.


ATTO Disk Benchmark

ATTO Disk Benchmark merupakan software gratis seperti crystal disk Mark untuk semua platform windows.

Aplikasi ceh ssd da hdd ini memiliki banyak sekali fitur dan dengan tampilan yang sangat mudah untuk kamu pahami.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah aplikasi ini memiliki fitur Direct I/O, Bypass write cache dan verify data.

Jadi kamu dapat dengan mudah untuk melakukan banchmark di semua lini SSD


AS SSD Banchmark

AS SSD Banchmark merupakan software yang di buat di negara Jerman dengan tampilan yang mirip banget Crystal.

Akan tetapi kamu akan mendapatkan tampilan graphic berbentuk analystical statistic sehingga kamu bisa melihat flow kecepatan secara detail.

Aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang menginginkan alternatif lebih dan tampilan yang lebih detail


Blackmagic Disk Speed Test

Untuk pengguna apple seperti macbook dan iMac kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Balckmagic Disk Speed test.

Aplikasi ini merupakan aplikasi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengecek kecepatan SSD dan hardisk yang macbook kamu pakai.

Aplikasi ini bisa kamu download dan kamju gunakan secara gratis dan juga banyak yang menggunakan aplikasi ini di karenakan memiliki tampilan yang cukup keren.


jDiskMark

Aplikasi yang satu ini merupakan software yang multiplatform yang bisa kamu gunakan di perangkat dengan sistem operasi windows, MacOS, dan linux.

Selain mendukung beberapa sistem operasi software ini juga memiliki fitur yang sangat lengkap, seperti save run information, sequential and random test, drive infodan sebagainya.

Samsung Magician

Samsung Magician adalah software pengecek kesehatan SSD gratis yang bisa kamu pakai untuk mengecek kesehatan SSD yang kamu gunakan.

Namun aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk memeriksa SSD dengan merek samsung saja. Namun bisa digunakan untuk memeriksa HDD lama namun tidak bisa kamu gunakan untuk memeriksa kesehatannya.

Seperti kebanyakan aplikasi cek kesehatan hardisk, aplikasi ini menggunakan data SMART dari SSD untuk memeriksa kesehatan SSD.

Jika kamu menggunakan SSD dari Samsung. Aplikasi ini akan menunjukkan semua atribut SSD bersama dengan nilai-nilai yang bisa kamu ekspor dalam bentuk CSV.

Selain itu aplikasi ini juga menunjukkan kesehatan SSD dan juga mnunjukkan suhu SSD saat ini dan informasi umum dari samsung SSD.



Di atas merupakan aplikasi yang bisa kamu pergunakan untuk melakukan pengecekan SSD yang ada di dalam komputer yang kamu gunakan.

Kamu bisa mempergunakan aplikasi di atas di sesuaikan dengan merek SSD yang kamu pakai, atau kamu bisa menggunakan aplikasi yang sifatnya general sehingga bisa mendeteksi semua tipe dan merek ssd.

Sekian dulu tutorial newbie kali ini dengan judul 10 Aplikasi cek Kesehatan SSD, semoga artikel kali ini dapat membantu rekan-rekan sekalian

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Aplikasi Cara Cek Kesehatan SSD"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel