-->

Di Belajar IT Online

10 Software Terbaik untuk Recovery Data Harddisk

Perbedaan 3 Jenis Socket Motherboard PGA, LGA dan BGA di Processor Intel

Prosesor merupakan bagian terpenting di sebuah komputer, Namun ada 3 tipe socket Processor yang wajib kamu ketahui yaitu Tipe PGA, LGA dan BGA.

Perbedaan 3 Jenis Soket PGA, LGA dan BGA di Processor Intel

Perbedaan Soket PGA, LGA dan BGA di Prosesor Intel - Di dalam perangkat komputer, CPU ( Central Processing Unit ) atau yang biasa kita sebut processor datang dari brand intel.

Intel umumnya menghadirkan processor yang mereka buat dengan menggunakan penamaan seri kode kelas yang berbeda satu dengan lainnya.

Intel selalu mengeluarkan tipe prosesor dengan arsitektur Intel Pentium yaitu Intel pentium 1,2,3,4, Dual-Core, Atom dan Intel Core i3,i5,i7, dan M.

Penamaan yang berbeda dari seri processor tersebut dibarengi dengan jenis kecocokan socket agar terpasang di motherboard.

Disinilah pentingnya mengetahui jenis socket CPU itu, di karenakan tiap processor yang memiliki kompatibilitas yang berbeda-beda terhadap kebutuhan socket yang disediakan motherboard PC/Laptop.

Baca Juga Cara Buka Aplikasi Android Di Windows 11 Tanpa Emulator

Manfaat mengetahui jenis socket processor Intel

Saat ingin merakit PC Desktop atau kamu ingin meng-upgrade Processor PC/Laptop, maka mengetahui jenis socket processor intel di pc wajib hukumnya.

Agat kamu tidak bisa memastikan kamu tidak salah pilih jenis processor yang sesuai dengan spesifikasi motherboard komputer yang kamu punya.

Perlu di ketahui jika saat ini processor intel yang beredar di pasaran tersedia tiga jenis opsi socket,yakni socket PGA Series, LGA Series, dan BGA series.

Jika kamu ingin mengetahui jenis-jenis socket pada processor khusus intel maka kamu bisa mengetahuinya lebih detail di bawah ini.

Fungsi socket Processor 

Tidak hanya digunakan sebagai dudukan CPU, socket processor juga memiliki beberapa fungsi lainnya yang wajib kamu ketahui.

Fungsi yang di miliki oleh socket processor adalah sebagai berikut

  1. Memastikan pemasangan chip benar
  2. Mencegah kerusakan
  3. Memproses data input dan output

3 Jenis Socket Processor Intel

Sejauh ini baru ada 3 janis socket processsor intel yang bisa kamu dapatkan, Dan dari ketiga jenis ini bisa kamu lihat sebagai berikut

Socket PGA Series

PGA adalah singkatan dari Pin Grid Array. Socket ini memiliki desain kaki-kaki PIN yang berada langsung di processor, lalu kotak logal sebagai konektornya berada di socket motherboard.

Perbedaan 3 Jenis Soket PGA, LGA dan BGA di Processor Intel

Kebutuhan socket PGA untuk processor intel sendiri sering di jumpai untuk perangkat seperti laptop, namun kadang bisa di gunakan untuk PC Desktop.

Soket PGA memilii beberapa varian, diantaranya rPGA988A (Socket G1) dan rPGA 988B (socket G2). Processor dengan socket PGA juga bisa di lepas pasang dari motherboard. 

Sehingga laptop dengan socket jenis ini tentunya sangat memungkinkan kamu untuk melakukan upgrade processor.

Socket LGA series

Socket LGA merupakan singkatan dari Land Grid Array yang memiliki desain dimana pada processor terdiri dari kotak logam konektor sedangkan pin berada di socket motherboard.

Perbedaan 3 Jenis Soket PGA, LGA dan BGA di Processor Intel

Jenis socket yang satu ini seringnya terdapat pada pc desktop.

Socket LGA memiliki beberapa varian, seperti LGA 775 (socket T), LGA 1150 (socket H3), LGA 1155 ( socket H2), LGA 1156 (socket H), LGA 1366 (socket B) dan LGA 2011. Perbedaan dari socket ini terletak di jumlah PIN yang ada.

Socket ini di gunakan oleh kebanyakan pc desktop dan jenis processor dengan socket LGA umumnya sangat mudah di lepas/pasang sehingga sangat memungkinkan jika kamu ingin mengupgrade processor, namun wajib juga socketnya yang sama dan sesuai dengan kebutuhan motherboard.

Baca Juga 5 Tipe SSD Terbaik Untuk Kamu Pakai Di Laptop

Socket BGA 

Socket BGA memiliki singkatan Ball Grid Arry. Jika teman newbie menemukan perangkat komputer dengan jenis ini, berarti menandakan perangkat itu memiliki processor yang langsung tersambung ke motherboard.

Perbedaan 3 Jenis Soket PGA, LGA dan BGA di Processor Intel

Jadi, socket antara processor ke motherboard sdah tersolder paten dan tidak bisa di lepas/pasang.

Desain socket BGA ini sering banget kita jumpai di perangkat Notebook atau perangkat Hybrid 2 in 1 yaitu laptop yang bisa jadi tablet atau notebook.

Laptop keluaran baru saat ini juga kebanyakan sudah menggunakan socket jenis terbaru ini.

Socket BGA juga bervariasi tergantung dari jumlah variannya, salah satu contoh bentuk yaitu FCBGA518, FCBGA1234, FCBGA1170

Ada baiknya jika teman-teman yang ingin membeli pc untuk memperhatikan jenis socket processor intel sebelum teman-teman ingin merakit pc agar kamu bisa melakukan upgrade di masa depan.

Sekian dulu penjelasan newbie kali ini dengan judul Perbedaan 3 Jenis Soket PGA, LGA dan BGA di Processor Intel.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbedaan 3 Jenis Socket Motherboard PGA, LGA dan BGA di Processor Intel"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel