-->

5 Tipe SSD Terbaik Untuk Kamu Pakai Di Laptop

SSD adalah sebuah tempat penyimpanan data yang memiliki kecepatan menyimpan data lebih cepat ketimbang HDD biasa pada umumnya.

Di karenakan hal seperti ini kebanyakan para produsen laptop mengganti teknologi ruang penyimpanan data mereka ke SSD.

Agar laptop yang mampu menunjukkan performa yang lebih baik dan lebih cepat, maka komponen yang digunakan di dalamnya juga harus mampu bekerja lebih optimal.

Salah satu bagian laptop yang cukup berpengaruh pada kineja perangkat tersebut adalah ruang penyimpanan.

Untuk ruang penyimpanan komputer saat ini terbagi menjadi tiga yaitu SSD, HDD, dan SSHD yang merupakan gabungan dari HDD dan SSD.

Pengertian SSD

Bagi kamu yang setiap hari berada di depan komputer pastinya kamu sudah mengenal apa itu SSD.

SSD adalah sebuah media penyimpanan data yang sama seperti HDD. SSD sendiri sekarang ini sudah banyak digunakan terutama pada komputer-komputer baru yang memiliki harga cukup tinggi.

Karena sudah banyak yang menggunakan SSD maka sekarang ini sudah banyak merek ssd terbaik yang bisa kamu pilih untuk kamu pasang di komputer kamu.

SSD skarang ini sudah bisa menggantikan HDD, Untuk beberapa laptop lama bisa menjadi sebuah alternatif untuk menggantikan HDD menjadi SSD untuk meningkatkan kinerja perangkat kamu.

SSD adalah salah satu pilihan ruang penyimpanan yang cukup kecil dan tipis yang tersedia di pasaran sekarang ini.

Baca Juga 

17 Arti Bunyi Beep Untuk Motherboard Gigabyte


Kelebihan SSD 

HDD dan SSD memiliki fungsi yang sama, namun kedua benda ini memiliki beberapa perbedaan. SSD dibuat dengan teknologi yang lebih mau sehingga memiliki banyak sekali keunggulan seperti.

Desain lebih kecil dan tipis

Dikarenakan SSD dibuat tanpa komponen bergerak di dalamnya, maka perangkat ini memiliki desain yang lebih kecil dan juga sangat tipis.

Sehingga laptop yang menggunakan SSD dapat di buat jauh lebih tipis lagi sehingga mampu menarik perhatian pembeli yang menginginkan laptop dengan desain yang cukup tipis.

Dan SSD memiliki kemampuan untuk bekerja jauh lebih baik ketimbang HDD yang ada di pasaran.

Memiliki Speed lebih cepat

Laptop yang menggunakan SSD sebagai media penyimpanan memiliki performa yang jauh lebih cepat.

Hal ini bisa di lihat dari laptop kamu yang sedang booting atau laptop yang melakukan kegiatan dengan kinerja yang multitasking.

Hal ini di karenakan SSD mampu membaca dan menulis data jauh lebih cepat di bandingkan dengan HDD. 

Jika kamu memiliki laptop lama, bisa newbie sarankan untuk mengganti hdd kamu dengan SSD sehingga proses simpan dan membaca data jadi jauh lebih cepat.

Daya tahan yang bagus

Dikarenakan ssd memiliki desain yang cukup ringan, maka SSD memiliki daya tahan yang lebih kuat. Dan karena tidak memiliki komponen penggerak di dalamnya. SSD mampu bertahan dari benturan, terjatuh, hingga suhu yang cukup extrim.

Dengan demikian SSD memiliki masa pakai yang lebih lama ketimbang HDD yang memiliki komponen bergerak.

Dan SSD tidak memiliki suara dan tidak banyak mengkonsumsi daya baterai. Hal inilah yang membuat waktu pakai yang lebih lama dengan suhu yang rendah tidak cepat panas.

Kekurangan SSD

SSD merupakan buatan manusia sehingga tidak luput dengan kekurangan, Hal itulah yang akan newbie bahas di sini 

Kapasitas kecil harga mahal

Untuk kapasitas SSD sekarang ini paling besar adalah 4 TB dengan harga yang sangat mahal. Oleh karena itu SSD juga memiliki kapasitas yang jauh lebih kecil dengan harga yang terjangkau.

Dikarenakan hal itu harga yang ditawarkan untuk sebuah SSD bisa beberapa kali lebih mahal dibandingkan dengan HDD yang memiliki kapasitas yang sama.

Namun untuk kinerja dan juga kualitas, SSD jauh lebih baik.

Masa pakai yang sudah di tentukan

SSD memiliki satu lagi kekurangan. Salah satu kekurangannya tersebut adalah umur pemakaian SSD yang sudah di tentukan.

Misalkan umur pakai HDD tidak tergantung dari rusak atau tidaknya cakram HDD di dalamnya. Sementara umur pakai SSD tergantung dari pemakaian write atau seberapa banyak data yang dapat di tulis

Contohnya jika SSD 120GB memiliki masa pakai untuk menulis data dalam jumlah tertentu seperti 300TB. Jika sudah mencapai 300TB, maka SSD akan rusak.

Jenis-jenis SSD

tipe ssd untuk laptop yang ada di pasaran dapat kamu bedakan berdasarkan bentuk dan juga ukurannya. Jenis-jenis SSD ini dapat digunakan untuk komputer, laptop atau dekstop. Namun terdapat juga SSD yang digunakan hanya untuk desktop saja seperti

SSD 2.5 inch 

SSD 2,5 Inch adalah salah satu jenis SSD terbagus yang paling banyak bisa kamu temukan di toko-toko komputer di manapun.

5 Tipe SSD Terbaik Untuk Kamu Pakai Di Laptop

 

Terdapat juga berbagai ketebalan drive di dalam format ukuran SSD 2,5 Inch. Jika kamu memasukkannya ke dalam laptop, kamu bisa mengetahui beberapa ketebalan harddisk yang dapat diterima oleh laptop.

SSD 2,5 Inch ini sangat cocok untuk menggantikan HDD laptop lama kamu agar laptop kamu bisa memiliki kinerja yang lebih baik.

SSD mSATA

mSATA memiliki bentuk yang lebih kecil dari SSD yang sebelumnya, SSD ini di rancang untuk bisa digunakan dengan perangkat portable yang memiliki daya terbatas seperti laptop, tablet dan juga netbook.

 

5 Tipe SSD Terbaik Untuk Kamu Pakai Di Laptop

Memiliki ukuran kurang lebih sama dengan sebuah kartu nama. Memiliki kelebihan konsumsi daya yang rendah, tahan guncangan atau getaran, serta memiliki kemampuan boot atau shutdown perangkat yang lebih cepat.

SSD M.2 Sata

SSD M.2 SATA sengaja di rancang untuk menghadirkan media penyimpanan dengan kinerja yang tinggi dalam perangkat yang tipis dengan memiliki daya yang terbatas. Contohnya laptop ultrabook atau sebuah tablet. SSD jenis ini umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil dari SSD mSATA.

5 Tipe SSD Terbaik Untuk Kamu Pakai Di Laptop

 

Bentuk dan juga ukuran yang berbeda inilah yang disebut form factor, SSD mSATA adalah SSD dengan form factor mSATA sementara M.2 adalah ssd dengan Form Factor M.2

Ada dua jenis SSD M.2 Sata yang pertama adalah M.2 dua sisi atau double-sided yang memiliki ukuran 22 mm x 60 mm dan yang satu lagi adalah M.2 satu sisi atau single-sided yang berukuran 22 mm x 80 mm. Perbedaannya adalah kedua M.2 terdapat di kapasitasnya karena M.2 dua sisi memiliki kapasitas yang lebih besar.

Baca Juga 

Laptop Dan PC Suka Nyetrum, Atasi Dengan Cara Ini


SSD M.2 NVMe

NVMe atau Non-Volatile Memory Express merupakan sebuah standar atau protokol komunikasi yang dikembangkan khusus untuk SSD oleh vendor-vendor seperti intel, samsung, sandisk, dell, dan seagate.

NVMe memungkinkan memori flash kualitas ssd terbaik untuk beroperasi sebagai SSD secara langsung melalui antar muka PCIe daripada melalui SATA dan dibatasi oleh kecepatan SATA yang lebih lambat

Jadi jika di bandingkan dengan SSD lain. SSD NVMe memiliki kecepatan membaca data jauh lebih cepat di bandingkan dengan tipe SSD lainnya.

SSD PCIe

Terdapat juga SSD PCIe yang menggunakan port PCIe di komputer kamu. PCIe merupakan salah satu dari empat bentuk SSD.

5 Tipe SSD Terbaik Untuk Kamu Pakai Di Laptop

 

SSD berbasis PCIE memiliki kinerja yang lebih baik daripada seriap ATA (SATA) berbasis server. dengan spesifikasi format untuk perangkat berbasis PCIe dikembangkan dan di-maintain oleh PCI spesial interest group (PCI-SIG).

Dari semua jenis SSD mana SSD yang menjadi pilihan kamu. Kamu bisa memiliki SSD sesuai dengan ukuran yang beredar di pasaran.

kualitas SSD terbaik ini dapat kamu gunakan untuk membuat komputer lama menjadi lebih cepat kinerjanya. Kamu cukup ganti HDD yang ada di laptop kamu menjadi SSD.

Walau kapasitas SSD lebih kecil ketimbang HDD, namun kinerja dan kecepatan baca dari tempat penyimpanan ini jauh lebih baik.

Sekian dulu Arikel kerena newbie kali ini dengan judul 5 Tipe SSD Terbaik Untuk Kamu Pakai Di Laptop. Semoga membantu

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Tipe SSD Terbaik Untuk Kamu Pakai Di Laptop"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel