-->

Di Belajar IT Online

10 Software Terbaik untuk Recovery Data Harddisk

8 Tips Memilih MicroSD Card Untuk Handphone Android Kamu

Tips Memilih Micro SD Card Untuk Handphone Android Kamu - Smartphone sekarang ini merupakan sebuah barang yang wajib kamu miliki. Selain untuk kebutuhan komunikasi, sebuah smartphone bisa kamu pergunakan untuk mengabadikan moment kamu dengan menggunakan kamera yang di milikinya.

8 Tips Memilih MicroSD Card Untuk Handphone Android Kamu


Selain itu sebuah smartphone android bisa juga kamu pergunakan untuk bermain game, menonton film kesukaan kamu, membaca buku, dan mendengarkan lagu hits yang ada di micro sd card kamu.

Kamu bisa memilih smartphone android berdasarkan ukuran layar, chip, RAM dan memori internal yang biasanya sekarang kebanyak handphone telah memiliki memori internal yang cukup besar minimal 16 GB.

Namun ada kemungkinan dari kita kapasitas penyimpanan tersebut terbilang sangat kecil dan kita membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar.

Untuk itulah setiap hp android memiliki ruang khusus yang bisa kamu pergunakan untuk penyimpanan external kamu yang berupa microsd card.

Oleh karena itu sekarang newbie akan memberikan sebuah tips cara memilih microSD untuk smartphone android yang cocok dengan handphone android kamu.

Baca Juga
Alasan Kenapa Kapasitas Kartu Memori MicroSD Dan Flasdisk Berbeda Dari Kemasan

Cara memilih microSD

Untuk memilih microSD yang cocok untuk handphone android kamu, ada banyak hal yang kamu harus ketahui terlebih dahulu. yaitu Spesifikasi, kapasitas dan juga harga.

Spesifikasi

Ternyata ada tiga tipe microSD yang harus kamu ketahui sebelum membeli microSD.

SDSC atau SD (Secure Digital Standard Capacity)

Dengan tipe memori yang satu ini merupakan microSD yang memiliki ukuran kapasitas yang kecil. MicroSD ini memanfaatkan sistem file FAT16. dan ini adalah tipe SDcard termurah yang bisa kamudapat di pasaran.

SDHC (Secure Digital High Capacity)

Memori handphone android jenis ini merupakan kartu memori yang memiliki kapasitas dari 4 GB sampai 32 GB dan memanfaatkan sistem file FAT32. Karena micro SD card ini memiliki format yang berbeda sehingga tidak akan cocok dengan perangkat yang hanya menerima format SD.

SDXC (Secure Sigital Extended Capacity)

Kartu memori dengan tipe ini merupakan memori yang memiliki kapasitas dari 64 GB sampai 2 TB dan menggunakan format exFAT. Oleh karena itu format memori ini tidak akan bisa masuk ke perangkat yang mendukung SD dan SDHC.

Merek

Saat kamu ingin membei sebuah kartu memori microSD, kamu harus mempertimbangkan dulu sebuah merek tertentu. Karena, reputasi dari sebuah merek itu sangat penting untuk hal seperti ini.

Jangan sampai saat kamu menggunakan kartu memori dengan merek tertentu dengan harga murah. Di bayar dengan hilangnya data penting kamu di kartu memori yang kamu beli.

Jika kamu ingin membeli microSD yang memiliki garansi dan akses untuk memulihkan data, Kamu sebaiknya membeli microSD dari beberapa brand seperti Sandisk, Samsung, dan Transcend.

Garansi

Perhatikan juga saat memilih microSD garansi yang kamu dapat saat membeli microSD. Biasanya beberapa merek tertentu memberikan garansi yang cukup lama yaitu 1 sampai 3 tahun.

Saat membeli microSD sebaiknya kamu memperhatikan lama garansi yang kamu dapatkan. Dengan begini kamu bisa tenang saat kartu memori kamu rusak dan kamu bisa mengganti microSD kamu dengan yang baru.


Kapasitas Memori

Ada tiga kapasitas kartu memori yang telah di buat, Untuk itu kita bisa memilih kapasitas memori yang kita butuhkan. Namun kamu juga harus menyesuaikan dengan kapasitas perangkat yang kamu miliki.

Sampai saat ini, Kapasitas microSD sudah bisa menyimpan dengan kapasitas 2 TB. Tapi jangan asal beli. Kamu juga harus memikirkan sebanyak apa kapasitas yang kamu butuhkan dan seberapa besar smartphone kamu mendukung kapasitas tersebut.

Jangan sampai kamu sudah membeli mahal-mahal namun tidak bisa kamu pergunakan karena perangkat mobile kamu tidak mendukung.

Tingkat Kecepatan microSD Card

Kartu memori microSD memiliki beberapa kelas kecepatan yang harus kamu ketahui sebelum kamu memutuskan untuk membelinya. Klasifikasi kelas untuk sebuah kartu memori menandakan seberapa cepat mereka bisa membaca dan menerima data. Kamu bisa melihatnya seperti penjelasan di bawah ini

Class 2

Kecepatan kelas 2 merupakan kelas terbawah yang tidak direkomendasikan untuk kamu.

Class 4

Kecepatan kelas 4 ini cukup baik untuk kamu pergunakan. Namun, sebaiknya kamu beli kelas yang lebih tinggi.

Class 6

Kelas ini direkomendasikan untuk kamu. Sebab, dengan harga yang terjangkau, kamu masih bisa menggunakan memori di kelas ini tanpa harus takut data kamu korup.

Kelas 10

Merupakan kelas terbaik yang bisa kamu gunakan untuk hp android kamu. Kamu juga bisa merekam video dengan kualitas Full HD 1080P tanpa patah-patah

Baca Juga
4 Cara Mengatasi Perangkat USB Tidak Terdeteksi Di OS Windows

Versi Android

Sekarang ini kebanyakan HP android sudah di dukung dengan slot microSD, sehingga kamu bisa menggunakannya untuk menuimpan data seperti foto, lagu, video, aplikasi, dan data game. Bahkan, versi android 6.0 sudah ada vitur adoptable storage yang bisa kamu gunakan untuk membuat microSD sama seperti memori internal.

Dengan fitur ini kamu bisa menambah kapasitas memori internal kamu dengan menggunakan memori external yang kamu beli.

Namun ada hal penting yang perlu kamu ingat adalah kamu harus membeli dan menggunakan kartu memori yang terbaik yaitu menimal Class 10 SDHC.

Dukungan sistem file

Sistem file yang paling direkomendasikan untuk sebuah kartu memoriSD atau SDHC adalah FAT32. Jadi, jika kamu ingin menghubungkan dengan komputer, jangan sekali-kali untuk merubah formatnya dari FAT32.

Kelemahan FAT32 adalah memiri ini tidak bisa mendukung sebuah file yang memiliki ukuran lebih dari 4GB dan kapasitas memori lebih dari 2 TB. Untuk menggunakan kapasitas file yang lebih tinggi kamu bisa menggunakan sistem file SDXC

pengertian UHS di microSD

Karu microSD tertentu kompatible pada UHS-1 atau UHS-4. Secara teori, UHS bisa dibilang kecepatan transfer data mencapai kecepatan 312Mbps.

Saat ini belun ada sebuah smartphone yang bisa mendukung standar UHS oleh karena itu, kecepatannya sangat berbeda dengan kecepatan microSD yang ada saat ini.

Ke 8 Tips Memilih MicroSD Card Untuk Handphone Android Kamu di atas bisa kamu ikuti agar kamu bisa menemukan microSD terbaik yang bisa kamu pergunakan di handphone android kamu.

Sekian dulu artikel kali ini. Semoga artikel kali ini dapat membantu kamu dalam menentukan MicroSD terbaik yang bisa kamu pergunakan di hp android kamu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "8 Tips Memilih MicroSD Card Untuk Handphone Android Kamu"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel