-->

Di Belajar IT Online

10 Software Terbaik untuk Recovery Data Harddisk

Tutorial Wordpress Gratis - Cara Membuat Website Di Wordpress

Tutorial Wordpress Gratis - Cara Membuat Website Di Wordpress - Cara Membuat sebuah blog memang terlihat sangat mudah. Namun, setelah kita mengenal Wordpress, kita akan menyadari dengan sangat cepat jika membuat sebuah blog tidak sesederhana yang kita pikirkan.

Tutorial Wordpress Gratis - Cara Membuat Website Di Wordpress


Keadaan ini sering sekali di hadapi oleh para blogger pemula, dan beberapa di antara mereka mencari platform alternatif untuk membuat blog yang mereka kerjakan bisa online.

Jika kamu ingin membuat website dengan menggunakan wordpress memang prosesnya agak sedikit menguras pikiran dan tenaga, namun tidaknya terasa sulit jika kamu mengikuti langkah-langkah yang akan nbcdns.com berikan kali ini.

Dalam tutorial membuat website di wordpress kali ini saya akan akan menjelaskan alasan mengapa kamu harus memulai membuat sebuah blog dan mengapa kita harus menggunakan blog dengan platform wordpress.

Keuntungan jika kita memiliki sebuah blog

Blogging merupakan kegiatan yang dapat mengasah kemampuan kita sebagai penulis, marketer, developer dan bahkan bisa mengembangkan sebuah bisnis online.

Sebagai freelancer atau developer, semua kemampuan ini dapat membantu kita untuk menjadi lebih berpengalaman, memperoleh lebih banyak teman bahkan kita bisa mendapatkan banyak job dari sebuah blog yang telah kita buat.

Ada beberapa cara menghasilkan uang melalui blog yang dapat menghasilkan keuntungan yang banyak untuk kita nah berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan dari sebuah blog.

Melalui iklan

Kita bisa mendapatkan penghasilan dari sebuah blog dengan mendapatkan penghasilan dari sebuah iklan atau sponsor yang ingin memperkenalkan produk mereka di blog kita.

Marketing afiliasi

Kita bisa mendapatkan penghasilan dari sebuah blog dengan cara mengiklankan atau menjual produk milik orang lain di blog yang kita miliki.

Produk digital

Kita juga bisa membuat dan menjual ebook, plugin, aplikasi, webinar, layanan kursus, dan lainnya.

Produk fisik

Kita juga bisa berjualan dengan menggunakan blog atau situs jualan online yang kita buat.

Jasa

Selain menjual barang atau produk lainnya. Kita juga bisa menjual jasa seperti jasa pengembang, desain, konsultasi, pelatihan, penulis, dan lainnya.

Dengan membuat sebuah blog ternyata kita juga bisa mendapatkan penghasilan sama seperti kita bekerja secara offline. Selain itu beberapa manfaat yang bisa kita rasakan setelah kita membuat sebuah blog antara lain brand menjadi lebih terkenal, berlatih mengelola blog, dan kesempatan membangun jaringan sebagaimana kita akan melibatkan banyak klien. Hal ini merupakan hal yang sangat penting, khususnya bagi para freelancer dan juga para developer pemula.

Cara membuat website menggunakan wordpress

Saat ini wordpress telah menjadi Sistem Manajemen Konten (CMS) paling populer yang paling banyak dipergunakan oleh para pemilih blog. Wordpress telah mendukung 29% website dan dimana 60% situs telah menggunakan CMS ini.

Wordpress sendiri didirikan pada tahun 2003, dan sejak saat itu terus tumbuh menjadi suatu komunitas besar dan merupakan CMS yang paling banyak dipergunakan oleh para pemilih website.

Baca juga

Hal yang dibutuhkan untuk membuat blog di wordpress self-hosted

Wordpress sendiri merupakan platform open-source yang dapat di unduh secara gratis di wordpress.org. Nantinya kita dapat menemukan tema, plugin, dokumentasi, blog developer dan forum bantuan untuk open-source di sana.

Selain itu kita juga bisa buat blog gratis di wordpress dengan cara daftar wordpress gratis di situs wordpress.com. Di situs ini kita bisa membuat sebuah website gratis yang telah disediakan oleh pihak wordpress.

Namun jika kamu ingin memiliki kepemilikan dan kontrol penuh atas blog kamu sendiri, maka situs ini tidak bisa kamu jadikan pilihan.

Membuat sebuah blog dengan menggunakan wordpress memang akan memakan waktu yang cukup lama. Meskipun sofware gratis dan bersifat open-source, Kita pasti akan bertanya-tanya di mana kita harus memasang blog agar blog yang telah kita buat bisa kita online kan.

Untuk itu kita pasti akan membutuhkan
  • Hosting yang sesuai
  • Nama Domain
  • Salinan wordpress
Saat ini ternyata telah banyak para penyedia web hosting yang menyediakan paket bundling yang menawarkan domain gratis bersama dengan paket hostingnya.

Dengan begini kita tidak perlu untuk repot-repot mencari secara terpisah tempat hosting dengan tempat membeli domain untuk nama hosting yang kita miliki.

7 langkah membuat blog di wordpress

Jika semua hal di atas sudah kita siapkan seperti nama domain dan juga tempat hosting yang kita inginkan. Maka tahap selanjutnya adalah membuat blog di wordpress.

Install wordpress di paket hosting yang sudah kita punya

Biasanya setiap layanan hosting akan menyertakan installer otomatis di dalam akses cpanel atau dashboard hosting utama kita untuk memudahkan kita menginstall CMS wordpress kebetulan disini saya menggunakan layanan hosting di hostinger.co.id. Ada banyak cara yang tersedia namun, semuanya mengikuti langkah dasar yang sama.

Pertama-tema masuk ke dashboard atau cpanel dan buka website > auto installer:

Tutorial Wordpress Gratis - Cara Membuat Website Di Wordpress
Setelah itu gunakan kolom pencarian untuk menemukan aplikasi wordpress yang ingin kita install dan kita gunakan.

Tutorial Wordpress Gratis - Cara Membuat Website Di Wordpress

Pilih opsi wordpress yang muncuk dan kita akan di minta untuk mengisi beberapa form dan selanjutnya kita tinggal klik tombol install untuk memulai proses install


Kamu juga bisa mengsintall wordpress secara manual dan kita tinggal mengikuti proses instalasi seperti di bawah ini

  • Unduh dulu CMS wordpressnya di wordpress.org
  • Buat database dan pengguna database serta berikan hak ases penuh terhadap akun hosting kita.
  • Upload file wordpress yang telah di ekstrak ke akun hosting di bawah root domain kita
  • Jalankan script instalasi wordpress dengan membuka url yang menyimpan file yang baru saja kita upload
  • Ikuti saja permintaan wordpress, dan selesai
Baca Juga
Cara Mengganti Template Blog Agar Visitor/Pengunjung Blog Tidak Turun


Mengatur pengaturan standar wordpress

Wordpress merupakan CMS yang memiliki banyak pengaturan standar yang harus disesuaikan dengan kebutuhan kita. Pengaturan standar ini akan mengatur tampilan blog kita dan bagaimana menjalankannya.

Silahkan masuk ke dashboard wordpress kita dan kemudian buka settings > general dan kita akan melihat pengaturan standar. mulailah dengan mengecek judul dan tagline standar situs kita.

Langkah ini dapat dilakukan sekarang meskipun kita bisa melakukannya saat melakukan proses penginstalan. Judul yang kita biat harus mewakili nama blog kita dan tagline perlu dibuat semenarik mungkin

Tutorial Wordpress Gratis - Cara Membuat Website Di Wordpress

Untuk langkah selanjutnya, kita bisa memeriksa bahasa dan zona waktu situs kita. jika kita membuat blog dalam bahasa lain selain bahasa inggris, maka ganti ke bahasa yang seharusnya kita gunakan. Di sini tersedia lebih dari 70 bahasa yang bisa kita pergunakan. selain itu, sangat penting memilih zona waktu yang tepat karena akan mempengaruhi jadwal saat suatu post ditampilkan di website wordpress kita.

Tutorial Wordpress Gratis - Cara Membuat Website Di Wordpress

Terakhir, kita bisa melihat format tanggal. Format tanggal di setiap daerah memiliki perbedaan. Oleh karena itu, atur lah berdasarkan lokasi pengunjung situs yang anda targetkan. Misalnya, pengunjung situs yang bertempat di amerika terbiasa dengan format tanggal m/d/y. sedangkan secara internasional pengaturan menjadi d/m/y.

Setelah itu klik save changes, buka setting > discussion untuk mengaktifkan atau menonaktifkan kolom komentar, atau mengatur pembahasan terhadap kata kunci tertentu. Kita bahkan dapat memilih apakah ingin menerima notifikasi email untuk komentar atau tidak.

Dalam hal ini, pengaturan yang paling baik berdasarkan pada berapa banyak waktu yang kita perlukan untuk moderasi komentar. Selain itu tidak masalah jika pada awalnya kita juga menonaktifkan pingback dan trackback, serta segala upaya untuk memberitahukan blog terkait:


Tutorial Wordpress Gratis - Cara Membuat Website Di Wordpress

Simpan perubahan yang kita lakukan sebelum membuka setting > permalinks. Di sini kita dapat juga untuk memilih struktur tautan seperti apa yang sebaiknya dimiliki oleh URL kita. Sebaiknya kita pilih Plain, terutama karena berkaitan dengan optimasi mesin pencari (SEO). Memilih post name adalah opsi terbaik yang bisa kita miliki karena URL yang pendek justru meningkatkan peringkat

Tutorial Wordpress Gratis - Cara Membuat Website Di Wordpress
Selanjutnya kita tinggal simpan perubahan yang sudah kita sesuaikan di atas.

Pilih tema wordpress yang paling menarik

Tema merupakan template penting yang memengaruhi desain situs kita. Dan juga adalah bagian yang tak dapat dipisahkan dari inti wordpress. Kita dapat mengubah tema kapan pun, jadi jangan khawatir pilihan tema yang di pilih saat memulai membuatnya.

Ada baiknya jika kita menggunakan tema yang sesuai dengan kebutuhan oleh karena itu berikut ini beberapa panduan yang dapat kamu pergunakan untuk mencari dan menemukan tema Wordpress yang sesuai dengan situs yang akan kita buat.

  • Pilih desain yang responsif
  • Tema dapat dibuka atau digunakan disemua browser, dan mendukung plugin utama wordpress
  • Menyediakan versi terjemahan, terutama jika kita berencana membuat blog menggunakan bahasa selain bahasa inggris.
  • Memiliki forum untuk bantuan, tempat para pengguna mendapatkan solusi atas permasalahannya dengan cepat.
  • Clead code yang merupakan faktor penting untuk SEO. Lakukan validasi demo untuk memastikan
  • Peringkat dan ulasan yang baik memengaruhi bagus atau tidaknya suatu tema
Dengan panduan di atas, kita pasti bisa mendapatkan tema terbaik yang nantinya akan kita pakai di blog wordpress kita. Setelah memperoleh tema yang kita inginkan, kita bisa pilih Appearance > themes > Add new

Di dalam kolom pencarian, masukkan nama tema yang sudah kita pilih di direktori tema wordpress. Setelah itu klik install

Setelah proses penginstallan selesai maka kita bisa klik Activate

Tutorial Wordpress Gratis - Cara Membuat Website Di Wordpress

Sekarang tema yang sudah kita install dan jika kita ingin mengganti tema blog kita, maka kita tinggal mengupload file berformat .zip menggunakan tombol upload theme di layar add themes. dan di sini kita dapat mengaktifkan (Activate) tema yang baru saja di upload.

Install plugin wordpress yang diperlukan

Setiap developer wordpress memiliki daftar plugins yang harus diinstall. Singkatnya, tools ini meningkatkan kemampuan wordpress, dan sebagian besar plugin terbaik bersifat open-source dan bisa didapatkan dengan gratis, contoh

Jetpack

Jetpack merupakan kumpulan modul dari pembuat wordpress yang memungkinkan kita untuk mengamankan situs kita. Membagikan konten secara otomatis, menampilkan formulir kontak, dan masih banyak lagi

Yoast SEO

Plugin ini merupakan plugin yang paling penting untuk bisa menaikkan peringkat blog kita di Google. Sejauh ini, plugin ini merupakan opsi tool paling populer dan komprehensif. Yoast SEO penganalisis konten Kita dan menampilkan area optimasi melalui sistem traffic light.

Google Analytics Dashboard For WP

Dengan plugin ini, kita dapat dengan mudah memasang Google analytics pada blog, dan mengubah menjadi snap untuk mengawasi traffic situs kita.

Akismet

Merupakan plugin yang bisa menghapus secara otomatis komentar spam yang masuk ke situs yang kamu miliki. 

Wordfence security

Plugin ini merupakan salah satu plugin penting yang wajib kamu install. Plugin ini merupakan plugin multifungsi yang bisa membantu kita untuk mengamankan situs dari pengguna lain yang mencoba masuk ke situs kita, mencegah IP berbahaya yang mencoba mengakses situs kita, dan lain sebagainya.

Untuk proses penginstalan plugin di wordpress bisa dibilang sama dan bisa di bilang sangat mudah, karena kamu cukup mencari plugin yang kamu inginkan lalu kamu tinggal klik install saja.

Tulis artikel pertama 

Jika kamu sudah menginstall semua tools yang kamu perlukan untuk membuat website di wordpress. maka sekarang saatnya untuk membuat dan menerbitkan konten di situs yang sudah kita buat. Membuat sebuah artikel bisa di bilang sangat penting karena dengan menulis dan menerbitkan post maka kita dapat melihat situs kita berjalan dan di lihat oleh pengunjung blog kita.

Untuk menulis sebuah artikel kamu bisa mengikuti panduan sederhana menulis post pertama di blog berikut ini.

  • Pilih topik blog kita.
  • Tulis headline, tentukan kata kunci untuk konten yang akan kita buat, pilih kata kunci yang dapat meningkatkan peringkat post di mesin pencari.
  • Buat kerangka post menggunakan subheading yang bertujuan untuk membagikan post ke dalam beberapa bagian. Sebaiknya ada bagian pengenalan, subbab, dan kesimpulan
  • Tulis post, Masukkan tautan ke sumber eksternal, dan berikan ruang untuk menyisipkan video atau gambar.
  • Masukkan Call To Action (CTA) untuk komentar, kontak, atau berlangganan dibawah post kita.

Kamu bisa membuat tulisan sepanjang yang kamu inginkan agar pesan yang akan kamu sampaikan di dalam blog tersampaikan dan setiap post yang kamu buat sebaiknya informatif atau menghibur, atau memberikan nilai pada para pembaca

Setelah artikel yang kamu buat telah selesai, kamu bisa memasukkan artikel kamu ke dalam postingan wordpress dengan cara buka post > add new malalui dashboard wordpress kamu. Untuk memulai postingan tambahkan judul post dan tempatkan konten pada bagian area teks seperti pada gambar berikut ini

Tutorial Wordpress Gratis - Cara Membuat Website Di Wordpress
Untuk mengupload gambar, kamu bisa menekan tombol add media untuk mengupload gambar, video, atau media lainnya kedalam postingan kita. Setelah mengupload file klik insert into post.

Jika kamu menginstall Yoast SEO, maka kamu bisa mengubah meta description untuk setiap artikel yang kita tulis di wordpress. meta adalah blurb singkat yang ditemukan di hasil mesin pencari. Jadi, tulislah meta description tersebut dengan baik dan benar. Kita hanya perlu mengklik edit snippet untuk mengubah atau menyesuaikan mete description

Tutorial Wordpress Gratis - Cara Membuat Website Di Wordpress


Kita bisa menggunakan tombol preview untuk melihat tempilan post. setelah yakin bahwa tidak ada yang perlu di edit. kita tiggal klik publish. Namun, apabila anda belum ingin post dibaca oleh para pengunjung situs maka kita tinggal klik tombol save draft.

Namun adakalanya di saat kita sudah mulai jenuh dan malas untuk menulis di blog yang sudah kita kelola dan untuk mengatasi jika kamu sudah mulai jenuh kamu bisa mengikuti tips Males Ngeblog, Alasan dan Cara Mengatasinya

Cara mendesain blog wordpress

Sebelum kita membagikan konten yang sudah kita tulis kepada pembaca kita, ada beberapa pengaturan final yang dapat diimplementasikan agar semua bisa berjalan lancar.

Tutorial Wordpress Gratis - Cara Membuat Website Di Wordpress


Kemungkinan besar kita akan berfokus pada tema saat mengubah dan memodifikasi website. sebagian besar tema mendukung beberapa pengaturan dasar beberapa tema lainnya bahkan menawarkan opsi kustomisasi tambahan.

Idealnya, kita akan memiliki tema yang sesuai dengan tujuan website. Dengan tema yang kita pilih maka kita dapat membuat website di wordpress yang sangat unik.

Kita bisa merubah tampilan website kita dengan cara masuk ke Appearance > Customize pada dashboard Wordpress kita. Tampilan pratinjau situs kita akan muncuk bersamaan dengan daftar opsi baru.

Setiap tema yang ada memiliki opsi yang berbeda juga, sebaiknya memulai dengan memilih opsi warna background, atau tipografi apa pun yang tersedia untuk memastikan tema yang dipilih sesuai dengan branding kita.

Bahkan ada beberapa tema yang memperbolehkan kita mengupload logo, yang bisa kita temukan di bawah site identity dan colors

Kita juga bisa mengatur beranda utama, apakah kita ingin mengubahnya menjadi halaman statis atau daftar post terbaru. Untuk melakukannya, kita bisa cari opsi static front page. Kemudian pilih your latest posts atau a static page

Cari menu di Customizer jika kita ingin membuat custom menu. Apabila kita belum mebuat menu, maka mulailah dengan mengklik Add Menu. Di sini kita bisa menambahkan halaman post, kategori, dan bahkan tautan costum ke mau. Di bagian dasar menu, beri tanda centang pada opsi Display Location agar meni kita tampil sebagai menu utama tema.

Jangan takut untuk melakukan ekperimen sampai situs kita benar-benar terlihat baik pada saat mode pratinjau ditampilkan. lalu kamu bisa simpan.

Rencanakan langkah selanjutnya

Jika kamu telah mengikut tutorial yang sudah saya buat dari awal, maka kamu sudah membuat blog wordpress. tentu saja dengan post blog yang siap dipublikasikan. Namun, pekerjaan anda tidak berhenti sampai situ saja. Berikut ini langkah-langkah selanjutnya yang perlu kita ketahui.

Pikirkan seberapa sering kita aktif diblog dan topik apa yang ingin kita tulis. Jika kita melakukan kegiatan blogging hanya untuk kesenangan, maka pertimbangan ini tidak terlalu berpengaruh. Namun, apabila kita blogging untuk tujuan profesional, maka kita harus mempertimbangkan untuk membuat kalender editorial. Kalender editorial bertugas untuk menyimpan ide konten, post terjadwal, dan memastikan tujuan blogging kita tercapai.

Kita juga wajib untuk mempertimbangkan performa blog. Dalam hal ini, performa menyangkut load yang cepat dan tampilan yang tidak bermasalah disemua perangkat. Jika kita ingin situs kita di dukung di semua perangkat, pilihlah tema yang responsif.

Kita bisa test performa loading website kita menggunakan tools online, seperti GTmetrix. sebagian besar situs akan mendapatkan keuntungan dari plugin cache, misalnya WP Super Cache.

Plugin ini akan membuat situs kita ter-load lebih cepat sehingga menghemat waktu para pengunjung saat mereka membuka website milik kita.

Kita juga harus memikirkan keamanan dari situs yang kita miliki. Ada baiknya kita membicarakan hal ini ke penyedia hosting. fasilitas sertifikat SSL ini merupakan faktor penting untuk situs e-commerce.

Kita juga harus memikirkan cara menarik pengunjung ke blog yang sudah kita buat. Beberapa opsi terbaik adalah untuk melakukan promosi. Seperti SEO, media sosial, dan email pemasaran. Untuk menerapkan hal ini kita bisa menggunakan plugin Yoast SEO yang akan menganalisis konten dan postingan kita.

Tambahkan juga tombol berbagi di media sosiak ke situs kita dan pilih layanan MailChimp, untuk memberikan kesempatan bagi para pembaca agar berlangganan lewat Email.

Cara membuat website menggunakan wordpress memang tidak mudah terlebih lagi jika kita baru mengenal platform wordpress ini. Kita juga bisa mencoba versi gratis dari wordpress dengan mengikut langkah-langkah Langkah Awal Jadi Blogger - Cara Membuat Blog Di Wordpress.

Dengan begini kamu sekarang sudah bisa membuat blog dengan cara membuat web hosting sendiri dengan menggunakan CMS wordpress di hostingan milik kamu sendiri.

Terimakasih karena telah membaca Tutorial Wordpress Gratis - Cara Membuat Website Di Wordpress. Semoga tutorial kali ini bisa membantu rekan-rekan sekalian

Image : www.hostinger.co.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tutorial Wordpress Gratis - Cara Membuat Website Di Wordpress"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel