Pernah Mengalami Pesan Error Ini "error : 0X00000709" Pada Printer Anda, Ini Solusinya



Pernah Mengalami Pesan Error Ini "error : 0X00000709" Pada Printer Anda, Ini Solusinya - Bagi rekan-rekan yang berkecimpung pada dunia IT Support, pasti kita akan mengalami permasalahan seperti di atas, kebetulan permasalahan ini terjadi pada saat saya ingin melakukan setting hp printer laserjet dengan tipe hp laserjet 1020.

Pernah Mengalami Pesan Error Ini "error : 0X00000709" Pada Printer Anda, Ini Solusinya
error : 0X00000709

Permasalahan error pada hp printer laserjet 1020  ini timbul pada saat kita akan melakukan setting printer pada komputer yang kita atau client kita miliki, merubah setting default dari printer lama yang ada pada komputer kita ke printer baru yang sudah kita install, pesan error: 0X00000709 timbul pada saat kita ingin menjadikan salah satu printer yang ada di komputer kita sebagai sebuah komputer default, namun entah kenapa kita mendapatkan pesan cinta dari windows dengan pesan error "Operation clould not be complated (error: 0X00000709). Double check the printer name and make sure that the printer is connected to the network".

Kenapa bisa terjadi?

Hal diatas terjadi dikarenakan windows yang kita miliki menganggap bahwa printer default yang telah kita setting sebelumnya sebagai printer yang memiliki prioritas tinggi sehingga kita tidak dapat merubah printer default tersebut ke printer kita yang baru. Untuk merubah settingan default printer tersebut, kita diharuskan untuk merubah nya secara manual melalui "Registry", Namun permasalahan lain adalah, Registry merupakan tempat dimana terdapat system windows, jika terjadi kesalahan pada saat kita setting regisry maka windows tidak akan dapat berjalan dengan semestinya, jadi kita harus hati-hati dalam merubah registry yang ada pada komputer kita ini.

Langkah-langkah untuk mengatasi error : 0X00000709

Untuk mengatasi error : 0X00000709 kita dapat mengikuti langkah-langkah yang akan saya berikan pada tutorial ini. langkah-langkah untuk mengatasi error tersebut sangat mudah, namun kita juga perlu berhati-hati agar registry pada windows kita tidak rusak atau error. 

Buka Start lalu ketikan "Regedit" pada form yang ada pada tombol start tersebut, lalu klik kanan pada file regedit dan kita dapat pilih menu "Run as administrator".

Pernah Mengalami Pesan Error Ini "error : 0X00000709" Pada Printer Anda, Ini Solusinya
Menjalankan regedit

Setelah kita masuk ke regedit pada sistem operasi windows kita, maka untuk tahap selanjutnya kita dapat mengakses folder "HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Window" lalu kita dapat mengklik pada "Device" maka akan muncul jendela baru seperti gambar berikut ini.

Pernah Mengalami Pesan Error Ini "error : 0X00000709" Pada Printer Anda, Ini Solusinya
Edit string printer

kita dapat merubah value data yang ada di atas menjadi nama printer yang ingin kita jadi kan sebagai printer default yang ada pada komputer yang telah kita miliki. Misalnya nama printer defaul kita adalah "hp laserjet 1020" maka rubah lah value di atas menjadi "hp laserjet 1020,winspool,Ne03:"  lalu tekan tombol ok, dengan melakukan langkah-langkah di atas, printer kita yang baru dapat dijadikan printer default pada komputer atau laptop kita.

Ada pesan error yang kita dapatkan

Namun adakalanya kita mengalami dan mendapatkan error  "cannot edit device: error writing the value's new contents" seperti dibawah ini.
Pernah Mengalami Pesan Error Ini "error : 0X00000709" Pada Printer Anda, Ini Solusinya
Pesan error
Hal ini terjadi jika pada saat kita merubah value yang ada pada file device tadi kita tidak mendapatkan hak penuh untuk merubah file tersebut, kita dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan mudah, hanya dengan mengklik kanan pada folder "windows" yang ada pada file regedit lalu tekan "permissions" seperti gambar berikut ini

Pernah Mengalami Pesan Error Ini "error : 0X00000709" Pada Printer Anda, Ini Solusinya
Perbaikan pesan error
Maka ada jendela baru yang muncul yang berisi hak akses dari folder tersebut, kita dapat pilih user yang kita gunakan lalu ceklist pada bagian "allow control" dan  pada bagian "read", selanjutnya tekan tombol apply dan ditutup dengan menekan tombol ok. Setelah kita melakukan tahap ini maka kita dapat mengedit file yang kita ingin edit tadi tanpa mendapati pesan error yang telah kita alami tadi sebelumnya.

Ada baiknya kita harus berhati-hati dalam merubah file-file yang ada pada regedit windows ini, hal ini dikarenakan regedit merupakan jantung dari sistem operasi windows itu sendiri, jadi saya sarankan, sebelum kita hendak merubah file regedit tersebut, ada baiknya kita melakukan Backup file regedit tersebut terlebih dahulu dan menyimpannya jika ada kalanya kita memerlukan file tersebut untuk memperbaiki file regedit yang korup atau rusak.

Sekian dulu rekan-rekan semua mengenai pembahasan saya tentang pesan "error : 0X00000709" pada printer ini, saya berharap artikel saya yang satu ini berguna bagi rekan-rekan sekalian dalam mengatasi permasalahan yang rekan-rekan hadapi sehari-hari di mana pun rekan sekalian berada.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pernah Mengalami Pesan Error Ini "error : 0X00000709" Pada Printer Anda, Ini Solusinya"

Post a Comment

Jika teman-teman merasa artikel saya ini bermanfaat, mohon untuk memberi komentar dibawah ini, saya pasti akan membalas komentar rekan-rekan sekalian. terimakasih enjoy