-->

Di Belajar IT Online

10 Software Terbaik untuk Recovery Data Harddisk

Pengganti Fungsi Replace, Mid, Left, Right Pada Bahasa Pemrograman PHP

Mungkin bagi kita yang pernah mempergunakan bahasa pemrograman lain atau pernah mempergunakan fungsi-fungsi yang terdapat pada microsoft exel, pasti kita sudah mengenal istilah mid, right dan left, namun pada bahasa pemrograman php fungsi tersebut ternyata tidak ada, sedangkan kita membutuhkan salah satu fungsi tersebut untuk aplikasi web base yang sedang kita buat sekarang ini.
php
php bukan pemberi harapan palsu

Fungsi mid, right, left dan replace ternyata bukan tidak ada pada bahasa pemrograman php namun hanya namanya saja yang digantikan oleh fungsi yang memang khusus di pergunakan pada bahasa pemrograman php tersebut. Pada kesempatan berikut ini saya akan coba untuk menjelaskan pengganti mid, right, left pada bahasa pemrograman php tersebut.

Pengganti Fungsi MID

Pada beberapa bahasa pemrograman dan juga pada fingsi exel, MID biasanya kita pergunakan untuk mengambil beberapa karakter yang ada pada data yang telah disediakan misalnya dari angka yang sudah tersedia terdapat karakter yang ingin kita ambil misalkan dari karakter ke berapa sampai karakter berapa. namun pada bahasa pemrograman php kita dapat mempergunakan fungsi subsrt() untuk menggantikan fungsi mid tersebut.

<?php
$isi=’Ini Angka Berapa?';
echo substr($isi, 4,5);
?>

Maka yang tampil adalah Angka, 

Penjelasannya adalah pada variabel $isi yang berisi kalimat "Ini Angka Berapa?" perhitungan ini diambil dari sebelah kanan dengan jumlah 4 (Dimulai dari 0) dan huruf yang di ambil ada 5 kata yaitu "Angka" jadi saat di tampilkan maka kata "Angka" akan tampil.

Pengganti Fungsi Right

Jika pada fungsi di exel, kita akan mempergunakan fungsi ini untuk mengambil sejumlah karakter yang di mulai dari sebelah kanan sebuah kalimat dan pada bahasa pemrograman php kita dapat mempergunakan fungsi substr(value, -[jumlahkarakter])

<?php
$isi=’Ini Angka Berapa?’;
echo substr($isi, -4);
?>

Pada fungsi ini kita akan mendapatkan huruf "apa?", pada fungsi ini kita akan menambahkan (-) yang dapat menandakan kalimat tersebut dibaca dari belakang kalimat dan pada fungsi ini kita mulai dari -1

Pengganti Fungsi Left

Pada fungsi left di exel bisa kita pergunakan untuk kita dapat mengambil karakter dari sebelah kiri, namun untuk fungsi kita kita mempergunakan fungsi yang sama dengan fungsi yang kita pergunakan pada MID di awal tadi namun jika kita mempergunakan fungsi ini pada nomor awal kita masukkan angka 0 dan banyak data yang ingin kita ambil tetap.

<?php
$isi=’Ini Angka Berapa?';
echo substr($isi, 0,2);
?>

Pada fungsi ini akan tampil kata INI dan untuk penjelasan sama dengan fungsi yang telah kita bahas sebelumnya yaitu fungsi MID.

Fungsi replace

Fungsi replace merupakan fungsi yang kita pergunakan untuk melakukan koreksi kata yang kita masukkan atau user masukkan kedalam sebuah aplikasi, dan fungsi ini sangat penting kita pergunakan adalam bahasa pemrograman PHP ini.

<?php
$x=’Halo dunia, mari belajar bersama kita’;
echo str_replace("dunia","nbcdns", $x);
?>

Nah pada fingsi ini akan tampil Output Halo nbcdns, mari belajar bersama kita fungsinya adalah mereplace kata dunia dengan kata nbcdns

Cukup sekian penjelasan mengenai pengganti fungsi replace, mid, right dan left ini yang kita pergunakan dalam bahasa pemrograman php ini. mudah-mudahan artikel saya ini dapat membantu rekan-rekan sekalian dari mencari pengganti fungsi-fingsi replace, mid, right dan left.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengganti Fungsi Replace, Mid, Left, Right Pada Bahasa Pemrograman PHP"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel