MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) Sudahkah Kita Siap?


Mungkin kita akan bertanya tanya mengenai MEA atau dengan nama lain Masyarakat Ekonomi Asean yang sekarang sedang hangat-hangatnya dibicarakan di media sosial, berita, bahkan pada radio-radio kesayangan kita. Sebenarnya isu MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean ini sudah saya dengan sejak beberapa bulan yang lalu namun saya tidak menghiraukan nya karena saya sendiri juga tidak tau arti dari istilah baru yang baru saya dengar. Namun setelah saya membaca-baca mengenai artikel tentang MEA ini saya menjadi tertarik untuk membahas mengenai MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean ini.
MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) Sudahkah Kita Siap?
Source : pphp.pertanian.go.id

MEA ITU APA??

MEA atau yang akan kita kenal dengan Masyarakat Ekonomi Asean  adalah sebuah integrasi ekonomi ASEAN dalam menghadapi perdagangan bebas antarnegara-negara ASEAN. Seluruh negara anggota ASEAN telah menyepakati perjanjian ini. MEA dirancang untuk mewujudkan Wawasan ASEAN 2020. Dalam menghadapi persaingan yang teramat ketat selama MEA ini, negara-negara ASEAN haruslah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang terampil, cerdas, dan kompetitif. nah dari mana saya tau artinya kebetulan saya mengambil arti tersebut dari wikipedia :D. jadi disini semua arus barang yang keluar masuk ke setiap negara anggota asean akan di per mudah begitu juga dengan tenaga kerja yang terampil, mereka akan dapat bekerja di mana pun di negara yang menjadi anggota asean begitu juga dengan tenaga kerja dari negara indonesia juga dapat bekerja dengan mudah pada negara yang menjadi anggota asean tersebut. 

MEA untuk tenaga kerja?

Pada masyarakat ekonomi asean nanti semua peraturan yang membatasi tenaga kerja asing yang ingin masuk dan bekerja di indonesia akan dihapuskan, Menurut Staf Khusus Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dita Indah Sari, menjelaskan bahwa MEA mensyaratkan adanya penghapusan aturan-aturan yang sebelumnya menghalangi perekrutan tenaga kerja asing.
"Pembatasan, terutama dalam sektor tenaga kerja profesional, didorong untuk dihapuskan,"
"Sehingga pada intinya, MEA akan lebih membuka peluang tenaga kerja asing untuk mengisi berbagai jabatan serta profesi di Indonesia yang tertutup atau minim tenaga asingnya." sumber : bbc.com
Haduh makin susah mencari kerja nie sepertinya, apalagi kita yang kemungkinan masih baru dan belum memiliki sertifikasi khusus atau embel-embel lain yang memudahkan kita dalam mencari kerja.

Dampak Positif MEA

Dampak positif dari MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean tersebut adalah diperlakukannya perdagangan bebas di wilayah regional Asia Tenggara. Untuk saat ini dampak positif MEA belum terasa karena baru saja diberlakukan namun ke depannya akan banyak dampak positif yang akan kita rasakan dan berikut ini dampak positif yang akan kita dapatkan dari MEA tersebut.

  • Mendorong investasi dari luar masuk kedalam negeri yang nantinya akan menciptakan multiplier effect dalam berbagai sektor bidang pembangunan ekonomi.
  • Kondisi pasar yang satu (pasar tunggal) membuat kemudahan dalam hal pembentukan joint venture (kerjasama) antara perusahaan-perusahaan di wilayah ASEAN sehingga akses terhadap bahan produksi semakin mudah.
  • Pasar di wilayah asia tenggara merupakan pasar yang cukup besar dan potensial dengan jumlah penduduk yang mencapai 600 juta jiwa.
  • Memberikan peluang perpindahan sumberdaya manusia.
  • Menciptakan adanya transfer teknologi dari negara-negara maju ke negara-negara berkembang yang ada di wilayah asia tenggara.

Apakah Kita sudah siap?

Kita sebagai orang yang bekerja harus siap menghadapi arus tenaga kerja asing dari anggota asean nanti, banyak hal yang harus kita siapkan tidak hanya skill namun juga mental kita harus siap. Namun jangan khawatir menurut beberapa pakar yang saya sendiri juga kurang tau pakar nya hehehe. Kita sudah siap untuk menghadapi MEA ini dalam sektor tenaga kerja dikarenakan banyak tenaga ahli kita sudah yang bersekolah keluar negeri untuk belajar (saya kapan ya T_T). Apakah anda sudah siap?

Yah gak usah panjang panjang membahas MEA ini karana saya juga pusing dengan istilah-istilah yang saya sendiri tidak mengetahuinya hehehehe :D. Cukup sekian dulu artikel saya yang membahas mengenai MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) ini. Walaupun artikelnya sederhana mudah-mudahan dapat membatu kita dalam menghadapinya dan kalo ada salah-salah kata mohon dimaafkan hehehe.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) Sudahkah Kita Siap?"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya