-->

Di Belajar IT Online

10 Software Terbaik untuk Recovery Data Harddisk

Lakukan Ini Sebelum Anda Bertanya Di Forum Pemrograman

Mungkin kawan disini pernah mengalami permasalahan dengan aplikasi pemrograman yang dibuatnya yang membuat kita pusing 7 keliling gak pulang-pulang, kita sudah mencari referensi kepada embah google namun kita sendiri tidak dapat menemukan solusi dari permasalahan kita tersebut lalu haruskan kita bertanya pada rumput yang bergoyang......

Saya, anda dan semua Programmer pernah mungkin sering mengalami permasalahan tersebut, sudah mencoba mencari solusi namun belum menemukan satupun solusi dari permasalahan tersebut, hingga kita mengalami stuck dan tidak dapat melanjutkan pembuatan aplikasi dikarenakan satu permasalahan ini.
Lakukan Ini Sebelum Anda Di Bully Saat Bertanya Di Forum Pemrograman

Dengan kekuatan bulan eh salah kita dapat mengatasi hal ini dengan kekuatan komunitas yang ada di internet khususnya yang berada pada forum-forum yang membahas bahasa pemrograman. Banyak forum yang menyediakan tempat tersendiri mengenai pembahasan dari bahasa pemrograman yang kita sedang pelajari. Bergabung dengan forum dan juga komunitas tidak seperti kita mengerjakan kode dan berhubungan dengan mesin yang tidak memiliki perasaan dan juga emosi sehingga untuk bertanya kita juga harus memiliki etika agar nantinya pada saat bertanya kita tidak dibuly pada forum tersebut. dan berikut ini cara agar kita tidak dibuly saat bertanya pada forum-forum yang berisi para Programmer

Bertanya dengan sopan dan santun

Pada saat kita bertanya pada sebuah forum atau komunitas sebenarnya kita sedan membutuhkan pertolongan dan bantuan untuk mengatasi permasalahan yang kita hadapi. kita berharap ada orang baik yang memberikan jawaban dari permasalahan yang kita hadapi jadi kita harus meminta dengan santun dan sopan agar ada orang baik yang akan memberikan solusi dari permasalahan yang kita hadapi.

Jangan salah kamar

Pada sebuah forum akan banyak sekali sub-sub dari sebuah forum dan disini kita harus berhati-hati jangan sampai kita salah kamar, Misalnya saat kita ingin bertanya mengenai permasalahan kita dengan bahasa pemrograman Java akan tetapi kita membuat tread pada bahasa pemrograman vb.net yang pastinya ini sudah menyalahi dan juga sudah salah kamar dan ini menandakan kita tidak aware dengan tempat dimana kita berada. Jadi berhati-hatilah.

Berusahalah mencari solusi terlebih dulu

Carilah solusi dari permasalahan kita terlebih dahulu sebelum kita bertanya ke forum, Namun jika kita memang tidak mendapatkan solusi dari permasalahan kita maka kita dapat bertanya pada forum yang membahas mengenai pemrograman yang kita kerjakan. Bertanya pada forum ini merupakan hal yang paling akhir setelah kita mencoba untuk mencari solusi dengan usaha kita sendiri.

Jangan bertanya dengan pertanyaan yang sama(repost)

Sebisa mungkin hindari bertanya dengan pertanyaan  yang sama, coba kita untuk mencari terlebih dahulu pada forum apakah pertanyaan yang ingin kita ajukan tersebut sudah pernah ada yang bertanya dan mendapatkan jawabannya jika pertanyaan yang ingin kita tanyakan belum ada maka kita dapat mengajukan pertanyaan tersebut.

Sertakan kode program dan juga screen shoot

Jika kita bertanya mengenai pertanyaan teknis Programmer yang pastinya ada kode-kode program disana, maka sertakan juga kode dan juga screenshoot dari hasil program tersebut agar para master Programmer dapat menganalisa dari coding yang kita buat dan dapat memberitahukan kesalahan dan solusi dari coding yang kita talah buat tadi. Namun jika forum tersebut tidak menyediakan  fasilitas embed code maka kita dapat mempergunakan aplikasi pihak ketiga yaitu jsfiddle.net dan codepen.io.

Jangan betanya hal yang mendasar

Sebelum kita bertanya mengenai sesuatu ada baiknya kita mempelajari apa yang ingin kita tanyakan jangan lah kita bertanya hal-hal yang mendasar seperti contoh "Apa Pengertian PHP apakah Pemberi Harapan Palsu" hehehe. dengan begini sudah menandakan kita tidak berusaha untuk mencari terlebih dahulu atas apa yang ingin kita tanyakan  tersebut dan yang  pastinya pertanyaan seperti itu sudah banyak ada yang membahas di internet, cobalah untuk bertanya pada embah google maka kita pasti akan mendapatkan jawabanya.

Berterimakasih

Ketika dalam kesulitan dan kita sudah dibantu oleh orang baik yang lewat maka kita sudah selayaknya kita mengucapkan terimakasih kepada orang yang telah membantu kita tersebut. pada dasarnya setiap orang pasti ingin dihargai atas apa yang telah mereka lakukan.

Pada dasarnya manusia memang tidak bisa hidup sendiri, kita pasti akan membutuhkan bantuan dari kita sesama manusia, forum pemrograman merupakan tempat dimana orang-orang dengan kemampuan lebih dari kita berkumpul namun ada juga mereka yang baru terjun ke dunia dimana kode dan juga algoritma dipergunakan untuk membuat hidup manusia menjadi lebih baik. Jadi jika kita dapat membantu sesama maka pasti akan ada juga yang membantu kita.

Nah demikian sedikit tips dari saya semoga tips yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi kita para Programmer baru yang memiliki masalah dengan program yang mereka telah buat dan dapat menemukan solusi dari apa yang mereka cari.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lakukan Ini Sebelum Anda Bertanya Di Forum Pemrograman"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel