-->

Di Belajar IT Online

10 Software Terbaik untuk Recovery Data Harddisk

Cara Menghitung Jumlah Karakter Dengan PHP

Pada pemrograman ada kalanya kita mendapatkan kasus untuk dapat menghitung jumlah kata yang ada pada setiap karakter untuk kita hitung dan kemungkinan nantinya akan kita pergunakan. Pada Pemrograman php ini kita dapat mempergunakan fungsi dari php yaitu " strlen()" untuk kita dapat menghitung jumlah karakter yang ada pada setiap kata yang kita inginkan.

Pada contoh script yang akan saya berikan berikut ini disini saya akan mencoba untuk menghitung jumlah karakter yang ada pada setiap kalimat yang ada pada karakter tersebut
<?PHP
$k1=”selamat datang”;
$k2=”selamatdatang”;
$h1=strlen($k1);
$h2=strlen($k2);
echo “Jumlah karakter pada kalimat 1: $h1”;
echo “Jumlah karakter pada kalimat 2: $h2”;
?>
Hasil dari run script tersebut adalah:
Jumlah karakter pada kalimat 1: 14
Jumlah karakter pada kalimat 2: 13
Pada script di atas tersebut juga menghitung jumlah dari spasi dan setiap karakter yang kita masukkan, kita juga dapat mengkombinasikan dengan data yang ada pada database yang kita miliki untuk kita pergunakan jika kita ingin menghitung kata yang ada pada database kita. seperti

<?php
$ket = strlen($data['ket']);
if ($ket<=10){
$ukuran=2;
}else{
$ukuran=1;
}
?>
Pada  "$ket = strlen($data['ket']);" saya mengambil data yang saya pergunakan untuk di hitung jumlah karakternya, dan data tersebut saya ambil dari database yang saya miliki. selanjutnya saya mempergunakan fungsi if untuk saya dapat menghitung jumlah karakter yang ada pada kata yang saya ingin munculkan. bila jumlah kata yang ada pada data tersebut lebih kecil sama dengan 10 maka ukuran font yang saya pergunakan adalah 2 dan jika lebih besar maka ukuran font nya adalah 1.

Untuk menampilkan nya kita dapat mempergunakan fungsi
<font face="Arial, Helvetica, sans-serif" <?php echo "size='$ukuran'" ?>></font>
Dan jika kita jalankan maka hasilnya akan nampak seperti gambar berikut ini
Cara Menghitung Jumlah Karakter Dengan PHP
Hasil PHP
Pada PIC huruf yang keluar mempergunakan font dengan ukuran 2 dan pada mengerjakan estimate maka ukuran huruf yang dipergunakan adalah 1 hal ini dikarenakan jumlah karakter yang ada pada kalimat mengerjakan estimate lebih dari 10 karakter.

Kemungkinan itu dulu dari saya yang membahas artikel yang mengenai cara untuk menghitung jumlah karakter dengan mempergunakan bahasa pemrograman php. semoga apa yang saya berikan pada blog saya ini dapat berguna bagi rekan-rekan sekalian.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menghitung Jumlah Karakter Dengan PHP"

Post a Comment

Jangan lupa komentar ya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel